Kitab Tentang Orang Kafir

BAB 1: BERAPA NILAI BARANG YANG DICURI YANG PENCURINYA HANYA DIHUKUM SEBAGAI PELAJARAN
6848 Diriwayatkan dari Abu Burdah Al-Anshari Radliyallaahu 'anhu dia berkata: Saya pernah mendengar Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda, "Pencuri tidak dihukum cambuk lebih dari sepuluh kali cambukan, kecuali jika berkaitan dengan hadd (batas hukuman) yang telah ditentukan oleh Allah Azza wa Jalla".
6874 Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah bersabda: "Siapa yang mengangkat senjata melawan kami, maka dia bukan pengikut kami".



BAB 2: MENUDUH BUDAK BERZINA
6858 2167[Bukhari6858, Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu, dia berkata: Saya mendengar Abul Qasim (Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) bersabda, "Siapa yang menuduh budaknya berzina, padahal budaknya tidak seperti yang dituduhkannya, maka dia (penuduh) akan dihukum cambuk pada hari kiamat, kecuali jika budaknya memang berzina".
6862 Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar Radliyallaahu 'anhu, dia berkata: Rasulllah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah bersabda, "Seorang mukmin senantiasa leluasa dalam agamanya selama tidak menumpahkan darah orang lain secara haram".1
1): Keterangan: Membunuh yang tidak haram misalnya melaksanakan hukuman mati.
6866 Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas Radliyallaahu 'anhu, dia berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah bersabda kepada Miqdad, "Apabila seorang mukmin menyembunyikan imannya di tengah orang kafir, setelah itu dia menampakkan imannya lalu kamu membunuhnya, maka kamu sendiri pernah menyembunyikan imanmu ketika di Mekkah dulu".
6878 Diriwayatkan dari Abdullah Radliyallaahu 'anhu, dia berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah bersabda, "Darah seoran muslim yang bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan aku adalah utusan Allah, darahnya tidak halal ditumpahkan kecuali karena tiga sebab: 1) Karena telah membunuh maka dihukum bunuh. 2) Karena berzina, bagi orang yang telah pernah menikah. 3) Karena keluar dari Islam dan kelomok kaum muslimin (murtad)".

BAB 3: MENUMPAHKAN DARAH TANPA SEBAB YANG BENAR
6882 Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah bersabda: "Manusia yang paling dibenci oleh Allah ada tiga: 1) Orang yang berbuat durhaka di Tanah Haram. 2) Orang yang senang melakukan tradisi jahiliyah setelah masuk Islam. 3) Orang yang menumpahkan darah orang lain tanpa sebab yang benar".

BAB 4: ORANG YANG MELAKSANAKAN HUKUMAN YANG MENJADI WEWENANGNYA
6888 Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu, dia berkata: Saya pernah mendengar Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda, "Jika seseorang mengintip ke dalam rumahmu tanpa izinmu, kemudian kamu melemparnya dengan batu sehingga kamu membuat matanya tercongkel, maka demikian itu kamu tidak berdosa".

BAB 5: DIYAT JARI TANGAN
6895 Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah bersabda: "Ini dan ini adalah sama". Maksudnya adalah jari kelingking dan ibu jari.

0 komentar: