Setan Penggoda Ibadah dan Penyesat Manusia dari Jalan Lurus

Dari Utsman bin Abu al-Ash berkata bahwa saya bertanya kepada Rasulullah tentang gangguan setan pada waktu saya shalat.Beliau bersabda:“Dia adalah khinzib, jika kamu merasakan sesuatu godaan maka berlindunglah kepada Allah darinya dan meludahlah ke sebelah kirimu.” (HR.Muslim)(Ibid, hal.211)



Ibrahim at-Taimi berkata: “was-was yang pertama kali muncul dari wudhu.”Dari Abdullah bin Umar berkata, Rasulullah pernah lewat bertemu dengan Sa’ad yang sedang berwudhu lalu bersabda:“kenapa kamu berlebihan dalam berwudhu, wahai Sa’ad? Dia menjawab: apakah ada berlebihan dalam berwudhu? Beliau bersabda: ya, walaupun kamu berada di atas sungai yang mengalir.”(HR.Ahmad dan Ibnu Majah)(Ibid, hal.214)

Ibnu Abu Hatim berkata bahwa telah bercerita kepadaku Abu Zur’ah dari Hannad bin as-Sary dari al-Ahwash dari Atha’ bin as-Saib dari Murrah bin al-Hamdan dari Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“Sesungguhnya setiap setan memiliki hiburan dan para malaikat mempunyai hiburan. Adapun hiburan setan mengajak kepada kejahatan dan mendustakan kebenaran dan hiburan malaikat mengajak kepada kebaikan dan membenarkan kebenaran. Barangsiapa yang mendapatkan (kebaikan) berarti dari Allah maka bersyukurlah kepada Allah dan barangsiapa yang mendapatkan selain itu hendaklah berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.”Kemudian Rasulullah membaca ayat:“Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir), sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan dari pada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas Karunia-Nya lagi Maha Mengetahui.”(Al-Baqarah ayat 268)(HR.at-Tirmidzi, an-Nasa’i, Ibnu Hibban)(Ibid, hal.216)

Hamdun al-Qashar berkata: jika iblis berkumpul bersama bala tentaranya maka mereka tidak bergembira seperti bergembira terhadap 3 hal:Bila ada orang beriman membunuh orang berimanOrang yang meninggal dalam keadaan kafirHati yang takut miskin

0 komentar: