Siksa Neraka Jahannam bagi Iblis dan Harapannya Untuk Mendapatkan Ampunan

Imam Ahmad Rahimahullah berkata bahwa telah bercerita kepadaku Affan dari Hammad bin Salamah dari Ali bin Zaid dari Anas Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“hamba yang pertama kali mengenakan pakaian neraka adalah iblis, dikenakan lewat samping lalu ditarik ke belakang dan para pengikutnya sesudahnya, pada saat itu dia memanggil, ‘aduh celaka!’ dan mereka juga memanggil, ‘aduh celaka mereka, celaka mereka’ lalu dikatakan kepada mereka (setan), ‘janganlah kalian berdo’a celaka sekali saja tetapi berdo’alah celaka dengan berkali-kali”.Sufyan bin Uyainah berkata bahwa tatkala turun ayat:“Dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu”. (QS. Al-A’raf ayat 156)



Maka iblis memanjangkan lehernya dan berkata, ‘saya termasuk (kata) segala sesuatu, lalu turun ayat berikutnya (membantahnya):“Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami”. (QS. Al-A’raf ayat 156)

Maka orang-orang yahudi dan nasrani memanjangkan leher mereka dan mengatakan, ‘kami beriman kepada ayat-ayat Allah dan menunaikan zakat’, sehingga Allah menjauhkan rahmat itu dari iblis, yahudi dan nasrani. Maka Allah menjadikan rahmat ini khusus bagi umat Islam, sebagaimana firman Allah Ta’ala:“(yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi”. (QS. Al-A’raf ayat 157)

0 komentar: