Adil

Oleh : Budi Agustian

''Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berbuat adil dan berbuat kebajikan.'' (Annahl [16]: 90).

Secara bahasa, adil adalah sikap tengah-tengah di antara dua hal. Dalam ayat di atas, terjadi penafsiran yang beragam tentang adil, tetapi pendapat yang paling kuat mengatakan bahwa adil adalah sikap moderat dalam segala hal; tidak ekstrem tapi juga tidak lalai.


Adil dalam beragama berarti tidak berlebihan dalam beribadah yang sampai pada tingkatan tercela menurut agama. Sebaliknya, tidak lalai dalam ibadah dengan meninggalkan sebagian aturan Ilahi. Tokoh sufi, Al-Qusyairi, mengatakan, Allah memerintahkan manusia untuk berbuat adil pada tiga hal. Adil kepada Allah, kepada diri sendiri, dan kepada makhluk lain. Adil kepada Allah berarti mendahulukan hak Allah daripada kepentingan dirinya, mementingkan ridha-Nya dan mengalahkan hawa nafsu, serta menjauhi semua larangan-Nya.

Adil kepada diri sendiri adalah mencegah diri dari setiap hal yang menyebabkan mudharat. Dan, menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. Sementara, adil kepada makhluk adalah menasihati (mengingatkan) bila salah, tidak berkhianat, dan tidak menyakiti, baik dengan perkataan atau perbuatan, secara tersembunyi maupun terang-terangan.

Banyak keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang-orang yang berlaku adil, terutama kepada para pemimpin yang adil. Pertama, Allah mencintai hambanya yang berlaku adil. ''Dan berbuat adillah, sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat adil.'' (Alhujurat [49]: 9).

Kedua, pemimpin yang adil akan menjadi salah satu golongan yang akan mendapatkan naungan Allah SWT pada hari akhir. Abu Hurairah menceritakan bahwa Nabi SAW bersabda, ''Di antara penghuni surga ialah tiga orang; orang yang memiliki kekuasaan lalu berbuat adil dan mendapat bimbingan dari Allah; orang yang memiliki sifat penyayang dan lembut hati kepada keluarga dekatnya; dan setiap Muslim serta orang yang tidak mau meminta-minta sementara ia menanggung beban keluarga yang banyak jumlahnya.'' (HR Muslim).

Bagaimana ciri-ciri pemimpin yang adil? Rasulullah bersabda, ''Sebaik-baik pemimpin kalian ialah yang kalian cintai dan mereka mencintai kalian; kalian mendoakan mereka dan mereka mendoakan kalian.'' (HR Muslim). Wallahu a'lam bish-shawab.

0 komentar: