Setan Dibelenggu di Bulan Ramadhan

Dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“Jika bulan ramadhan tiba maka pintu rahmat (surga) dibuka, pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (Muttafaqun ‘alaih)(Ibid, hal.224)

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“Apabila pada malam pertama bulan Ramadhan, setan dan pembesar jin dibelenggu, pintu neraka ditutup dan tidak satu pintu pun yang dibuka dan pintu surga dibuka dan tidak satu pintu pun yang ditutup lalu ada suara yang memanggil, wahai pencari kebaikan menghadaplah dan wahai pencari kejahatan berhentilah. Allah membebaskan hamba setiap malam.” (HR. at-Tirmidzi)(Ibid, hal.225)



Dari Imam Ahmad berkata bahwa telah bercerita kepadaku Yazid dari Hisyam bin Abu Hisyam dari Muhammad bin Muhammad bin al-Aswad dari Abu Salamah dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“Umatku diberi 5 perkara yang tidak diberikan kepada umat sebelum mereka:
1. Bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah dari pada minyak kasturi
2. Para malaikat beristighfar untuk mereka hingga mereka berbuka
3. Allah menghiasi surga-Nya kemudian berfirman: hampir-hampir hamba-Ku yang shalih yang telah terkena beban berat dan ujian akan kembali kepadamu (surga)
4. Para pembesar setan dibelenggu sehingga tidak mampu menggoda mereka seperti bulan lainnya
5. Dan diberi pengampunan setiap malamAda yang bertanya wahai Rasulullah, apakah itu (pada) lailatul qadar? Beliau menjawab: Tidak, akan tetapi orang yang habis bekerja harus dipenuhi upahnya setelah kerja.” (HR. Ahmad)

0 komentar: